Ini Cara Merawat Kuku Kaki Agar Tetap Sehat

Tidak sedikit orang yang lebih fokus pada kuku tangan dibandingkan kuku kaki. Padahal, kuku kaki lebih berisiko mengalami gangguan, seperti infeksi jamur pada kuku kaki. Penyakit ini rentan terjadi pada kaki yang lembap, di mana jamur lebih mudah muncul dan berkembang.

Tak hanya infeksi jamur, kuku kaki juga bisa cedera atau terluka akibat kesalahan saat melakukan pedicure. Cedera ini bisa membuat kuku kaki mengalami paronikia atau centangan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat kuku kaki yang tepat agar terhindar dari kondisi tersebut.

Kuku kaki dapat menjadi bagian penting tubuh yang mencerminkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kuku kaki yang sehat bisa dilihat dari kulit di bawah kuku yang berwarna merah muda dan bagian kuku kaki yang tumbuh juga terlihat putih dan bersih. Sementara itu, kuku yang berubah warna, misalnya menjadi hitam atau kekuningan, bisa jadi menandakan adanya kondisi medis tertentu.

Tips Memotong dan Membersihkan Kuku Kaki

Agar kuku kaki sehat dan bersih, cucilah kaki secara rutin menggunakan air bersih dan sabun, lalu keringkan. Setelah itu, kuku kaki juga perlu dipotong dan dibersihkan secara rutin agar tetap sehat.

Namun, cara memotong dan membersihkan kuku kaki tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini adalah beberapa langkah tepat dalam merawat kuku kaki:

1. Jangan biarkan kuku kaki terlalu panjang

Anda dapat memotong kuku kaki setiap 1–2 minggu sekali. Jika perlu, gunakan pemotong kuku berkualitas baik dan berukuran besar atau pemotong kuku khusus untuk kuku jari kaki.

2. Potong kuku dengan cara yang benar

Caranya, potong ujung kuku kaki mengikuti bentuk jari kaki. Lalu, gunakan alat kikir kuku untuk menghaluskan tepian ujung kuku yang baru saja dipotong dan masih terasa kasar.

Jangan sembarangan memotong dan membersihkan kutikula agar tidak terjadi infeksi dan membuat kuku kaki terasa sakit. Kutikula merupakan pelindung alami kuku. Jika kutikula dipotong dengan tidak hati-hati, hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan kerusakan kuku.

Usahakan juga untuk tidak memotong kuku kaki terlalu pendek. Selain terasa sakit dan dapat membuat kuku kaki tumbuh ke dalam, kuku yang dipotong terlalu pendek juga rentan terhadap infeksi.

3. Potong kuku di saat kuku kaki kering

Agar kuku kaki lebih mudah dipotong dan bisa memberi hasil potongan yang halus, rapi, dan bersih, Anda sebaiknya memotong kuku kaki ketika kaki sedang dalam keadaan kering.